Cara Berpikir Pemimpin

Proses berpikir seorang pemimpin berbeda dari pengikut. Tentu, para pemimpin biasanya sangat cerdas dan memiliki akses ke banyak pengetahuan dan pengalaman khusus untuk membantu mereka membuat keputusan; tetapi karakteristik ini bukanlah yang membuat para pemikir “berbeda” sebagai pemimpin. Apa yang membuat para pemimpin berbeda adalah kemampuan mereka untuk berpikir kritis dalam situasi kepemimpinan. Berpikir kritis adalah kuncinya. Jadi bagaimana cara berpikir kritis untuk membuat pilihan yang tepat dalam situasi kepemimpinan? Berikut adalah beberapa tips tentang cara berpikir seperti seorang pemimpin:

Ketahui apa yang sedang terjadi – Waspadai apa yang sedang terjadi dalam organisasi dan kenali kapan tindakan perlu Pemimpin Masa Depan diambil. Anda dapat melakukan ini dengan berlatih MBWA (mengelola dengan berjalan-jalan – dan berbicara dengan orang-orang)
Cari tahu mengapa sesuatu terjadi – Setelah masalah (atau banyak masalah) dikenali, langkah selanjutnya adalah mencari tahu mengapa itu terjadi. Misalnya, jika Anda mengidentifikasi bahwa karyawan secara konsisten datang terlambat untuk bekerja, cobalah dan pahami mengapa hal ini terjadi (mungkin mereka memiliki anak kecil yang harus mengantar mereka ke sekolah, atau mereka menggunakan transportasi umum yang tidak dapat diandalkan, atau mereka calon walikota medan 2020 sama sekali tidak dimintai pertanggungjawaban atas perilaku tidak profesional) – Bersikaplah jelas dan akurat tentang penyebab masalah.
Ambil tindakan – Jika Anda yakin tahu apa masalahnya, inilah saatnya membuat tindakan untuk mengatasi masalah yang sebenarnya (lihat poin sebelumnya).
Berpikir seperti seorang pemimpin mengharuskan Anda untuk sadar, bijaksana, dan berorientasi pada tindakan ketika diminta untuk memimpin. Meskipun pilihan dan keputusan Anda mungkin tidak selalu sesuai dengan rencana Anda, fakta bahwa Anda secara sadar membuat rencana (bahkan jika itu adalah analisis cepat di kepala Anda) memberi Anda kesempatan untuk membuat keputusan yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *